*****TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN-KOMENTAR-JEMPOL-DAN-FOLLOW ANDA DI ARFAN BLOG™ MENEBAR ILMU MERAIH AMAL*****

Kamis, 20 Desember 2012

Kewajiban Bagimu Adalah Membaca Al-Quran

Pertanyaan :
Sesungguhnya saya sering membaca Al-Quran Al-Karim, namun tidak bagus (dalam menerapkan) hukum-hukum (tajwidnya), sering keliru dalam membaca. Apakah saya berdosa dengan melakukan perbuatan itu?

Jawaban :
Merupakan suatu kewajiban atas setiap Muslim mempelajari cara tilawah (membaca) Al-Quran sampai dia menguasai dan membacanya sesuai dengan yang diajarkan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam dan sesuai dengan apa yang diturunkan oleh Allah subhanahu wa ta'alaa kepada Rasul-Nya, dia membacanya sesuai dengan kemampuan, bila memungkinkan membacanya dengan tenang dan diulang-ulang sehingga betul-betul benar, maka dia mendapatkan dua pahala, sebagaimana yang dikabarkan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam sesuai dengan sabdanya :

(( الَّذِي يَقْرَأُ الْقُرآنَ وَيُتَعْتِعُ وَهُوَ عَلَيْهِ شَاقٌّ لَهُ أَجْرَانِ ))

"Orang yang membaca Al-Quran dan dia terbata-bata di dalamnya serta dia mengalami kesulitan, dia itu mendapat dua pahala".

Maka anda wahai saudaraku, bersabar dan tenanglah, ulang-ulanglah per kata beberapa kali sampai anda mampu mengucapkannya sesuai dengan apa yang semestinya, meskipun dengan mengalami kesulitan, karena pahalanya sangat besar. Janganlah anda mencoba untuk tergesa-gesa dan melantunkan Al-Quran dengan tidak peduli apakah salah atau benar, hal seperti ini termasuk menghina firman Allah subhanahu wa ta'alaa dan kita mengetahui bahwa ini adalah firman Allah subhanahu wa ta'alaa. Allah subhanahu wa ta'alaa berbicara dengannya sebagaimana kita membaca huruf-huruf dan harakat ini dan Jibril 'alaihis salaam menerimanya dari Allah subhanahu wa ta'alaa kemudian Jibril 'alaihis salam menyampaikannya (melalui wahyu) ke dalam hati Nabi shallallahu alaihi wa sallam seperti apa yang diterima dari Allah subhanahu wa ta'alaa.
Sebagaimana Allah subhanahu wa ta'alaa berfirman :

وَإِنَّهُ لَتَنزِيلُ رَبِّ الْعَالَمِينَ O نَزَلَ بِهِ الرُّوحُ الْأَمِينُ O عَلَى قَلْبِكَ لِتَكُونَ مِنَ الْمُنذِرِينَ O بِلِسَانٍ عَرَبِيٍّ مُّبِينٍO

"dan sesungguhnya Al-Qur'an ini diturunkan oleh Rabb semesta Alam, dia dibawa turun oleh Ar-Ruh Al-Amin (Jibril), ke dalam hatimu (Muhammad) agar kamu menjadi salah seorang diantara orang-orang yang memberi peringatan, dengan bahasa Arab yang jelas". (Asy-Syu'araa : 192-195)

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

KAMI MEMBUTUHKAN KOMENTAR ANDA, MAKA SILAHKAN BERKOMENTAR DENGAN BAHASA YANG SOPAN

by ARFAN ALKENDARY

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...